--------------------------------------------

--------------------------------------------


Redaksi Warga Palem Asri menerima tulisan, berita dan artikel dari para warga Palem Asri dan sekitar, silakan hubungi Facebook kami, click di link berikut FB Paguyuban Palem Asri

Kamis, 13 Oktober 2016

TIPS MENAMBAH KECEPATAN MEMORI DI WHATSAPP

Salah satu permasalahan yang sering kita jumpai dalam bertexting ria (chatting) dengan Whatsapp atau aplikasi lain adalah soal lambatnya respon dalam pengoperasian. Ketika kita ketik satu kata, tidak langsung muncul di layar, atau ada keterlambatan pesan yang masuk untuk tampil. Jadi akibat dari masalah ini, kita bisa ketinggalan informasi terutama untuk info-info di grup. Wah, kalau ini seringkali terjadi, kita ketinggalan berita, bisa habis kita dibully teman-teman di grup. Hehehe.

Untuk mengatasi adanya kelambatan respon dalam aplikasi Whatsapp, salah satunya adalah dengan menghapus memory statistic penggunaan data jaringan. Memory ini adalah penyimpanan dari aktivitas penggunaan data yang digunakan Whatsapp selama kita melakukan aktivitas chatting. 

Berikut ini adalah tampilan dari statistik penggunaan data jaringan di Whatsapp.



Data statistik tersebut jika menumpuk terus dan terus bertambah akan membuat kinerja sistem Android kita terutama aplikasi Whatsapp akan menjadi lola, lemot alias lambat.

Untuk mengatasinya, maka kita harus menghapus data penggunaan jaringan tersebut. Sehingga memory jaringan Whatsapp kembali nol. Ingat, penghapusan data statistik jaringan ini TIDAK AKAN MENGHAPUS DATA-DATA KONTAK ATAUPUN PERCAKAPAN WHATSAPP ANDA.

Nah, berikut ini langkah-langkah untuk menghapus data penggunaan jaringan pada Whatsapp :

1. Buka aplikasi Whatsapp Anda.

2. Masuk ke Menu Pengaturan > Setelan (Settings).


3. Masuk ke Penggunaan Data (Data Usage)



4. Masuk ke Penggunaan Jaringan (Network Usage)


5. Di dalam Network Usage atau Penggunaan Jaringan, scroll ke posisi paling bawah, temukan ATUR ULANG STATISTIK (Reset Statistics).



Setelah langkah-langkah di atas, kita akan melihat semua data statistik menjadi nol. Artinya memory statistik penggunaan jaringan Whatsapp sudah kembali semua, yaitu nol. Silakan rasakan perubahan yang terjadi saat chatting dengan teman atau grup di Whatsapp, tentunya akan ada peningkatan kecepatan/speed kan? :)

Jika hp Anda masih terasa lambat dalam merespon, mungkin perlu dilakukan langkah-langkah lain seperti cek memori sistem Android, atau terlalu banyak chatting yang sudah lama dan tidak dihapus dan lain sebagainya. Langkah yang saya paparkan di sini adalah solusi termudah dan aman sebagai tindakan pertama jika aktivitas Whatsapp Anda terganggu karena terasa lambat. Sampai jumpa di tips-trik Android berikutnya.... Ada pertanyaan? Silakan di kotak komentar ;) (Nunung Indrianto)
SHARE
Redaksi Warga Palem Asri menerima tulisan, berita dan artikel dari para warga Palem Asri dan sekitar, silakan hubungi Facebook kami, click di link berikut FB Paguyuban Palem Asri

Designed By Paguyuban Warga Palem Asri