--------------------------------------------

--------------------------------------------


Redaksi Warga Palem Asri menerima tulisan, berita dan artikel dari para warga Palem Asri dan sekitar, silakan hubungi Facebook kami, click di link berikut FB Paguyuban Palem Asri

Sabtu, 21 Januari 2017

Demo Masak, Sea Salt Crust Barramundi ala Palem Asri



Siapa sangka, makanan lezat ala Perancis yang biasa disajikan di restauran mahal di Jakarta bisa dinikmati oleh bapak-bapak Palem Asri. Adalah Abu Halim, seorang warga Palem Asri, yang kebetulan dia bekerja sebagai “Chef de Cuisine” atau Kitchen Director ( Kepala Dapur) di Amuz Gourmet Restaurant, yang bertempat di The Energy Building-SCBD Jakarta. Seperti diketahui, bahwa Amuz Gourmet Restaurant adalah restauran yang menyajikan masakan Perancis. Sabtu Malam (21/1) bertempat di Wartom Palem Asri dilaksanakan demo masak oleh Abu Halim sang Chef yang akan memperagakan masakan “Sea Salt Crust Barramundi”. 

Menurut Abu demikian panggilan akrabnya, langkah pertama yang harus dilakukan adalah pemilihan ikan Barramundi atau lebih dikenal dengan sebutan Kakap Putih. “Jangan terlalu besar, cukup 2 Kg/ekor, dan sisik kulit jangan dibuang serta isi perut ikan harus dibuang melalui leher” kata ayah dua orang anak ini disela-sela demo masak. Selanjutnya, dijelaskan Abu mengenai bahan bahan yang dibutuhkan berupa putih telur secukupnya, garam laut, bawang putih, fennel/adas. Ikan yang sudah dibuang isi perutnya, lanjut Abu, kemudian dimasukkan fennel dan bawang putih untuk menambah cita rasa daging ikan. Mengenai pemilihan ikan Barramundi atau kakap putih, Abu menjelaskan bahwa ikan itu tidak banyak durinya, karena durinya hanya ditengah-tengah saja. 
 
Langkah berikutnya, kata Abu, ikan tadi dibaluri dengan garam laut yang sebelumnya sudah dicampur dengan putih telor sebagai pengikat. “ Baluran garam itu berfungsi agar ikan benar-benar matang dan terasa gurih” ujar pria kelahiran Depok ini. Tidak hanya sekedar dibalurin, tapi garam itu dihias seperti gambar ikan. Setelah semua ready, ikan Barramundi dimasukkan kedalam oven, dan dipanggang selama 30 menit. “Ikan akan matang jika dipanggang dalam suhu 160 derajat dalam 30 menit” jelas Abu. Setelah tampak kecoklatan, ikan dalam panggangan dikeluarkan dan dibiarkan dingin selama 10 sampai 15 menit. Lebih lanjut, garam yang ada pada ikan dibuang dengan menggunakan pisau kue yang bergerigi, dan kulit ikan dibuang serta disajikan berupa fillet. Semestinya, kata Abu penyajian menu ini ditaburi oleh saus Beurre Blanc, namun karena keadaan maka diganti dengan saus kari kelapa dan kunyit. 

Saat mencicipi makanan beberapa komentar terlontar dari ucapan Bapak-Bapak, seperti Eris Riyadi, mengatakan bahwa ikannya sangat gurih dan nikmat. Hal senada juga dirasakan oleh Agus Mulya sebagai asisten Chef. “ Nikmat dah..bener..kapan lagi makan masakan perancis seharga 1,5 juta jika direstauran..mmmm Lezessss” pungkasnya. (hrs)
SHARE
Redaksi Warga Palem Asri menerima tulisan, berita dan artikel dari para warga Palem Asri dan sekitar, silakan hubungi Facebook kami, click di link berikut FB Paguyuban Palem Asri

Designed By Paguyuban Warga Palem Asri