--------------------------------------------

--------------------------------------------


Redaksi Warga Palem Asri menerima tulisan, berita dan artikel dari para warga Palem Asri dan sekitar, silakan hubungi Facebook kami, click di link berikut FB Paguyuban Palem Asri

Selasa, 13 September 2016

Pemotongan Hewan Qurban di Palem Asri

Seperti tahun-tahun sebelumnya, dan sudah menjadi agenda rutin disetiap Hari Raya Idul Adha, Mushola Al-Ikhlas selalu menerima dan menyalurkan hewan qurban. Dalam perayaan Hari Raya Idul Qurban 1437 H kali ini, Mushola Al-Ikhlas memotong hewan qurban yang berupa satu ekor sapi dan tiga ekor kambing. Demikian disampaikan oleh Nunung Indrianto Sekretaris DKM Al-Ikhlas disela-sela acara pemotongan hewan qurban, Senin (12/9) lalu.

Idul Adha 1437 H
Menurut Totok demikian pria ini sering disapa, pada tahun ini terjadi penurunan jumlah hewan qurban yang dipotong di Mushola Al-Ikhlas dibandingkan tahun lalu. “Selain faktor ekonomi yang lagi lesu, juga dikarenakan DKM tidak mengadakan tabungan patungan sapi seperti tahun-tahun lalu” ujar pria dua orang anak ini.

Lebih lanjut Totok menjelaskan, satu hewan qurban berupa kambing  merupakan sumbangan dari hamba Allah diluar Perumahan Palem Asri, sedangkan satu ekor sapi dan satu ekor domba adalah hewan qurban dari warga. Tepat pukul 09.00 tepat hewan hewan tersebut mulai disembelih dan kemudian dagingnya dibagi-bagi. “ Kami membuat 90 kantong plastik, yang berisi daging sapi dan kambing, dan dibagikan kepada 20 orang warga diluar palem Asri dan sisanya dibagi kepada warga di Perumahan” ungkap Totok.

Dari pengamatan dibeberapa titik tempat pemotongan hewan qurban, memang terjadi penurunan jumlah hewan qurban yang signifikan. Salah satunya di Masjid An-Nur RW 16 Bojong Depok Baru II, Sukahati. Menurut Andoko, Ketua Panitia Qurban menyatakan tahun lalu An-Nur memotong hewan qurban sebanyak 10 ekor sapi dan 50 ekor kambing, tetapi tahun ini pihaknya hanya memotong 4 ekor sapi dan 20 ekor kambing.  “Menurun jauh mas, secara kuantitas. Tetapi yang terpenting adalah memaknai Hara Raya Idul Adha sebagai hari pengorbanan dan berbagi” akhir Andoko. (hrs)




SHARE
Redaksi Warga Palem Asri menerima tulisan, berita dan artikel dari para warga Palem Asri dan sekitar, silakan hubungi Facebook kami, click di link berikut FB Paguyuban Palem Asri

Designed By Paguyuban Warga Palem Asri